Apa Itu Konten?
Konten adalah informasi yang tersedia melalui media atau produk elektronik. Penyampaian konten dapat dilakukan melalui berbagai medium seperti internet, televisi, CD audio, bahkan acara langsung seperti konferensi dan pertunjukan panggung.
Apa Saja Jenis-Jenis Konten?
Ada beberapa jenis konten yang Anda harus ketahui sebagai Digital Marketer, yaitu :
- Artikel
- Infografik
- Meme
- Animas Explainer
- Video Website
- E-Book
- E-Magazine
Apa Saja Manfaat Koten?
Ada beberapa manfaat dari membuat konten, yaitu :
Content Marketing akan meningkatkan
traffic Anda. Ketika konsumen potensial Anda mempunyai masalah atau
kebutuhan tertentu, mereka akan mencari solusi. Mempunyai solusi, apakah itu
informasi, panduan membantu atau bahkan hiburan, yang berarti pelanggan akan
mengunjungi situs Anda. Konsumen akan menyukai ketika konten sesuai dengan
kepentingan atau kebutuhan khusus mereka. Bahkan, itu sebabnya konten kustom
disukai hingga 68% dari konsumen. Dengan menciptakan konten kustom untuk situs
yang khusus dirancang untuk kebutuhan dan kepentingan target Anda, Anda
akan membangun kepercayaan mereka dan memecahkan masalah mereka.
2. Membangun brand awareness
Jika Anda secara konsisten mempublikasikan
konten baru dan unik di situs Anda dan mempromosikannya di media sosial, Anda
sedang menciptakan lebih banyak peluang untuk audiens baru akan menjadi
konsumen Anda. Ditambah lagi jika Anda membuat mereka merasa senang, mereka
mungkin akan membantu menyebarkan berita tentang bisnis kecil Anda kepada
teman-teman mereka, dan itu yang akan membantu Anda menjangkau lebih banyak
orang.
3. Meningkatkan leads dan
penjualan
Semakin banyak orang yang telah mengunjungi
situs Anda dan melihat konten Anda, semakin besar kemungkinan mereka untuk
dikonversi menjadi leads dan akhirnya menjadi konsumen.
Bahkan untuk usaha kecil, konsumen
mengandalkan blog dan konten website ketika mereka membuat keputusan pembelian,
orang ingin tahu sebanyak yang mereka dapat sebelum mereka membeli. Plus,
menciptakan konten yang relevan dengan produk atau jasa perusahaan Anda. Itu
akan membantu mereka memahami apa yang akan mereka peroleh dalam melakukan
bisnis dengan Anda.
4. Menetapkan Anda sebagai thought-leader
Semakin Anda menetapkan diri sebagai thought-leader di
industri ini, semakin mereka akan melihat Anda sebagai seorang ahli, terutama
jika Anda memberikan konten yang berkualitas tinggi yang benar-benar membantu
mereka.
Gelar thought-leader selalu
menjadi hal yang baik, karena Anda berada dalam posisi di mana orang tidak
hanya mendengarkan apa yang Anda katakan, tetapi mereka berpaling kepada Anda
untuk mendengarkan jawaban yang mereka butuhkan.
5. Meningkatkan Engagement
Jika Anda membuat konten yang menarik,
mungkin Anda akan ditanggapi dengan baik oleh Audiens dan itu akan membuka
pintu bagi Anda untuk terlibat dengan mereka secara langsung. Ini memberikan
kesempatan kepada Anda untuk lebih menyenangkan pembaca Anda, baik dengan terus
menghibur mereka atau menjawab pertanyaan spesifik yang mereka ungkapkan.
Di luar audiens, Anda
juga harus terlibat dengan para pemimpin industri lainnya untuk membahas topik
yang Anda tulis. Karena ini dapat memperluas jaringan dan membantu Anda
membangun hubungan yang lebih kuat dengan para pemimpin lainnya, yang
memungkinkan Anda untuk menetapkan diri sebagai otoritas di industri tersebut.
6. Biayanya lebih murah dari pemasaran tradisional
Content Marketing untuk usaha kecil
terbukti lebih hemat biaya daripada pemasaran tradisional, terutama jika Anda
dapat menghasilkan konten sendiri. Pebisnis yang membangun usaha melalui Content
Marketing cenderung mengeluarkan biaya hanya setengah dari apa yang
biasanya dikeluarkan pebisnis pada pemasaran diluar sana. Dengan cara
menyebarkan konten Anda melalui media sosial dan email, posting di website atau
berkontribusi untuk situs yang lebih besar adalah beberapa cara untuk
memperkenalkan nama Anda di luar sana, semua bisa lebih murah bahkan gratis.
No comments:
Post a Comment