PEMASARAN | Apa Itu Pemasaran? - Pemasaran Berbasis IT

Breaking

Welcome

Welcome
Thereis Good

Saturday 12 November 2016

PEMASARAN | Apa Itu Pemasaran?

Hasil gambar untuk pemasaran



Pemasaran (bahasa Inggris: marketing) adalah aktivitas, serangkaian institusi, dan proses menciptakan, mengomunikasikan, menyampaikan, dan mempertukarkan tawaran yang bernilai bagi pelanggan, klien, mitra, dan masyarakat umum.

·         STRATEGI PEMASARAN

Strategi pemasaran merupakan hal yang sangat penting bagi perusahaan di mana strategi pemasaran merupakan suatu cara mencapai tujuan dari sebuah perusahaan, karna potensi untuk menjual proposisi terbatas pada jumlah orang yang mengetahui hal tersebut.

Menurut pendapat Swastha Strategi “adalah serangkaian rancangan besar yang menggambarkan bagaimana sebuah perusahaan harus beroperasi untuk mencapai tujuannya.”

Dan Pemasaran menurut W. Y. Stanton pemasaran adalah sesuatu yang meliputi seluruh sistem yang berhubungan dengan tujuan untuk merencanakan dan menentukan harga sampai dengan mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang bisa memuaskan kebutuhan pembeli aktual maupun potensial.

Strategi Pemasaran memiliki tujuan yaitu;

v  Konsumen potensial mengetahui secara detail produk yang kita hasilkan dan perusahaan dapat menyediakan semua permintaan mereka atas produk yang dihasilkan.

v  Perusahaan dapat menjelaskan secara detail semua kegiatan yang berhubungan dengan pemasaran. Kegiatan pemasaran ini meliputi berbagai kegiatan, mulai dari penjelasan mengenai produk, desain produk, promosi produk, pengiklanan produk, komunikasi kepada konsumen, sampai pengiriman produk agar sampai ke tangan konsumen secara cepat.

v  Mengenal dan memahami konsumen sedemikian rupa sehingga produk cocok dengannya dan dapat terjual dengan sendirinya.

Umumnya kegiatan pemasaran berkaitan dengan koordinasi beberapa kegiatan bisnis. Strategi pemasaran ini dipengaruhi oleh faktor-faktor sebagai berikut ;

1.   Faktor Mikro
a)    Perantara Pemasara
b)    Pemasok
c)    Pesaing
d)    Masyarakat

2.   Faktor Makro
a)    Demografi
b)    Ekonomi
c)    Politik
d)    Hukum
e)    Teknologi
f)     Sosial
g)    Budaya
Hal yang perlu di perhatikan untuk Pemasaran 4P, Yaitu ;
a)    Place ( Tempat yang strategis )
b)    Product ( Produk yang bermutu )
c)    Price ( Harga yang kompetitif )
d)    Promotion ( Promosi yang gencar )

Dari sudut pandang konsumen ;
a)    Kebutuhan dan keinginan konsumen ( Customer needs and wants )
b)    Biaya konsumen ( Cost to the customer )
c)    Kenyamanan ( Convenience )
d)    Komunikasi ( Comunication ) 


Semoga bermanfaat !

No comments:

Post a Comment