Kegiatan pemasaran telah berkembang banyak selama
dekade terakhir. Di era perkembangan teknologi, banyak kesempatan datang di
dunia pemasaran, terutama dalam hal karir. Kesempatan ini pun harus
dimanfaatkan.
Keterampilan sendiri merupakan titik tumpu dalam lintasan karir. Untuk pemasar, keterampilan dalam marketing harus mencakup pembangunan infrastruktur pemasaran, proses dan keterampilan untuk membuat konten hingga menganalisis hasil.
Melansir dari marketingland.com, Jumat
(25/3/2016) berikut 4 keterampilan marketing yang bisa membawa karir Anda ada
satu tingkat lebih maju.
1.
Memahami Teknologi
Sebesar 39 persen dari
eksekutif pemasaran mencari bakat di bidang teknologi digital dan operasi
pemasaran teknologi. Keterampilan teknologi mengarahkan keterlibatan pemasaran
melalui marketing automation, prediksi analitis and SEO.
Teknologi pemasaran terus
berkembang seiring waktu. Untuk bisa beradaptasi, pemasar harus memiliki
pengetahuan tentang komponen-komponennya agar dapat saling mencocokkan. Tanpa
keterampilan di bidang teknologi, pemasar akan terbatasi ruang geraknya.
2. Memperluas Kreativitas
Salah satu tanggung jawab
bagian marketing adalah mengetahui perubahan dalam pasar. Mereka akan
dihadapkan dengan berbagai tantangan. Pemasar yang ingin bertahan harus mencari
cara untuk memecahkan masalah secara kreatif.
Misalnya, pemasar
membutuhkan keterampilan kreatif dalam menganalisis data untuk menentukan
saluran yang digunakan untuk berkomunikasi. Dengan begitu, dia akan
mempertahankan relasi yang baik dengan konsumen. Kreativitas diperlukan untuk
mempertahankan integritas brand.
3. Asah Kemampuan Analitis
Salah satu tren analisis
dalam pemasaran adalah data mining dan analisis untuk mencari tahu apa yang
pelanggan lakukan dan memprediksi kejadian di masa depan.
Kemampuan analitis
diperlukan untuk memvalidasi dan menyelidiki data-data di pasaran. Keterampilan
ini juga termasuk transisi dari analisis intelijen, mengendalikan pelanggan
melalui metadata dan memahami pelanggan dari berbagai perspektif.
4. Asah Kemampuan Komunikasi
Hampir setiap pekerjaan
memiliki persyaratan untuk bisa melakukan komunikasi secara tertulis dan lisan.
Ini dikarenakan komunikasi menjadi hal penting dalam menentukan dan
melaksanakan strategi organisasi. Keterampilan komunikasi yang kuat adalah
kunci untuk keberhasilan pemasaran. Dengan komunikasi lisan meupun tertulis
akan memperjelas tujuan, tanggung jawab, bahkan rencana kesuksesan. (Shabrina
Aulia Rahmah/nrm)
Sumber: Liputan 6
No comments:
Post a Comment