Perkembangan E-commerce di Tahun 2018 - Pemasaran Berbasis IT

Breaking

Welcome

Welcome
Thereis Good

Wednesday 14 February 2018

Perkembangan E-commerce di Tahun 2018

Apa itu E-Commerce ???

Menurut Wikipedia E-Commerce adalah Perdagangan elektronik adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya.

E-Commerce biasanya di lakukan oleh orang-orang yang sedang mencari penghasilan, media yang digunakan biasanya seperti:
  • Instagram
  • Facebook
  • Tokopedia
  • Bukalapak
  • JD.ID
  • Olx
  • Dll

Apakah Semua Orang Tertarik Untuk Berbisnis Online?

Tidak semua orang tertarik untuk membuka Toko Online. Mengapa??

  1. Ketakutan
  2. Tidak Berani Mengambil Resiko
  3. Kurangnya Pengetahuan
  4. Takut Gagal
  5. Dll.

Perkembangan E-Commerce

BERKEMBANGNYA E-Commerce di Indonesia
Di Indonesia, sistem E-commerce ini kurang populer, karena banyak pengguna internet yang masih meragukan keamanan sistem ini, dan kurangnya pengetahuan mereka mengenai apa itu E-Commerce yang sebenarnya. Sehingga sampai saat ini, web resmi yang telah menyelenggarakan e-commerce di Indonesia adalah RisTI Shop. Risti, yaitu Divisi Riset dan Teknologi Informasi milik PT. Telkom, menyediakan layanan e-commerce untuk penyediaan informasi produk peralatan telekomunikasi dan non-telekomunikasi. Web ini juga telah mendukung proses transaksi secara online.
E-commerce sendiri berasal dari layanan EDI (Electronic Data Interchange), layanan EDI ini telah berkembang sedemikian pesatnya di negara-negara yang mempunyai jaringan komputer dan telepon. Jika sebelumnya kita telah sering menggunakan media elektronik seperti telepon, fax, hingga handphone untuk melakukan perniagaan / perdagangan, sekarang ini, kita dapat menggunakan internet untuk melakukan perniagaan. E-Commerce memiliki beberapa jenis, yaitu:
  1. Business to business (B2B):
    Bisnis antara perusahaan dengan perusahaan lain
  2. Business to consumer (B2C):
    Retail, sifatnya melayani pelanggan yang 
  3. Consumer to consumer (C2C):
    Sifarnya lelang (auction)
  4. Government: G2G, G2B, G2C,
    melakukan layanan terhadap perusahaan untuk keperluan bisnis hingga melayani masyarakat
Manfaat E-Commerce :
  • Revenue stream baru
  • Market exposure, melebarkan jangkauan
  • Menurunkan biaya
  • Memperpendek waktu product cycle
  • Meningkatkan customer loyality
  • Meningkatkan value chain
Sumber:

No comments:

Post a Comment