Pemasaran (bahasa Inggris: marketing) adalah aktivitas,
serangkaian institusi, dan proses menciptakan, mengomunikasikan, menyampaikan,
dan mempertukarkan tawaran yang bernilai bagi pelanggan, klien, mitra, dan
masyarakat umum.
·
STRATEGI PEMASARAN
Strategi
pemasaran merupakan hal yang sangat penting bagi perusahaan di mana strategi
pemasaran merupakan suatu cara mencapai tujuan dari sebuah perusahaan, karna
potensi untuk menjual proposisi terbatas pada jumlah orang yang mengetahui hal
tersebut.
Menurut
pendapat Swastha Strategi “adalah serangkaian rancangan besar yang menggambarkan
bagaimana sebuah perusahaan harus beroperasi untuk mencapai tujuannya.”
Dan Pemasaran
menurut W. Y. Stanton pemasaran adalah sesuatu yang meliputi seluruh sistem
yang berhubungan dengan tujuan untuk merencanakan dan menentukan harga sampai
dengan mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang bisa memuaskan
kebutuhan pembeli aktual maupun potensial.
Strategi Pemasaran memiliki tujuan yaitu;
v Konsumen potensial mengetahui secara detail produk yang kita hasilkan
dan perusahaan dapat menyediakan semua permintaan mereka atas produk yang
dihasilkan.
v Perusahaan dapat menjelaskan secara detail semua kegiatan yang
berhubungan dengan pemasaran. Kegiatan pemasaran ini meliputi berbagai
kegiatan, mulai dari penjelasan mengenai produk, desain produk, promosi produk,
pengiklanan produk, komunikasi kepada konsumen, sampai pengiriman produk agar
sampai ke tangan konsumen secara cepat.
v Mengenal dan memahami konsumen sedemikian rupa sehingga produk cocok
dengannya dan dapat terjual dengan sendirinya.
Umumnya kegiatan pemasaran berkaitan dengan koordinasi
beberapa kegiatan bisnis. Strategi pemasaran ini dipengaruhi oleh
faktor-faktor sebagai berikut ;
1.
Faktor Mikro
a)
Perantara Pemasara
b)
Pemasok
c)
Pesaing
d)
Masyarakat
2.
Faktor Makro
a)
Demografi
b)
Ekonomi
c)
Politik
d)
Hukum
e)
Teknologi
f)
Sosial
g)
Budaya
Hal yang perlu di perhatikan untuk Pemasaran 4P, Yaitu ;
a)
Place ( Tempat yang strategis )
b)
Product ( Produk yang bermutu )
c)
Price ( Harga yang kompetitif )
d)
Promotion ( Promosi yang gencar )
Dari sudut
pandang konsumen ;
a)
Kebutuhan dan keinginan konsumen ( Customer needs
and wants )
b)
Biaya konsumen ( Cost to the customer )
c)
Kenyamanan ( Convenience )
d)
Komunikasi ( Comunication )
Semoga bermanfaat !
Semoga bermanfaat !
No comments:
Post a Comment