Setiap toko pasti memiliki pramuniaga atau
pelayan toko. dari mulai toko pakaian, mainan, peralatan rumah tangga, toko kelontong,
dan lain sebagainya pasti memiliki seorang atau beberapa pramuniaga. Memberikan
pelayanan terbaik kepada konsumen dapat menjadi nilai plus. Memberikan pelayanan
terbaik juga bisa dapat lebih dipercaya dan
di utamakan oleh pelanggan.
Dalam hal itu pramuniaga atau pelayan toko
harus memiliki kemampuan yang baik dalam berinteraksi dengan pelanggan.
Pelayanan yang kurang baik bisa membuat reputasi menurun, hal itu bisa membuat
toko tidak lagu bahkan bangkrut jika pelayanan buruk. Tips ini bagus untuk orang-orang yagn sedang mencari lowongan kerja
Lantas Bagaimana Cara Melayani Pelanggan
Yang Baik?
Berikut 5 Cara Agar Sukses Closing Dengan Pelanggan :
1.
Memberikan Sapaan Hangat
Ketika pelanggan sedang berada di pintu
masuk berikan sapaan hangat seperti selamat datang, selamat siang, selamat
sore, selamat malam, selamat berbelanja, dan lain sebagainya. Kesan ramah akan
membuat pelanggan atau konsumen nyaman dan akan memberikan kesan baik terhadap
toko tersebut.
2.
Biarkan Pelanggan Berkeliling
Pramuniaga harus memberikan keleluasaan
kepada pelanggan. Biarkan pelanggan berkeliling agar bisa melihat-lihat produk
yang dipajang di dalam toko. Memberikan keleluasaan membuat pelanggan bisa
lebih tenang dan rileks untuk mengambil keputusan barang mana yang akan
pelanggan beli. Hal ini juga bisa membuat pelanggan lebih banyak belanja karena
tenang dan rileks.
3.
Ajukan Pertanyaan Seperlunya
Pernakah kalian merasa tidak nyaman dengan
pertanyaan pramuniaga? Pertanyaan bisa saja mengganggu kenyamanan dan mood
pelangaan. Mengajukan pertanyaan harus di waktu yang tepat ketika pelanggan
terlihat kebingungan. Dan sebaikanya biarkan pelanggan yang menanyakan terlebih
dahulu.
4.
Layani Permintaan Pelanggan Dengan Cekatan
Arti cekatan adalah melayani pelanggan
dengan pintar, professional. Berikan pelayanan yang cepat tanpa berbelit-belit,
karena akan membuat kepercayaan pelanggan menurun. Pelayanan yang
berbelit-belit sangat tidak disukai oleh pelanggan.
5.
Mengucapkan Terima Kasih
Ini adalah hal terakhir yang tidak boleh
dilewatkan dan wajib hukumnya. Untuk menghargai pelanggan agar pelanggan
sewaktu-waktu akan kembali lagi atau bahkan membuat pelanggan lain datang
berbelanja.
No comments:
Post a Comment